Jumat, Desember 26, 2008

PROSPEK BISNIS : TOILET UMUM



Banyak bisnis-bisnis yang kata orang “Keren” dan prospek, seperti bisnis Rumah Makan, Bisnis Supermarket, Bisnis Butik, Karaoke dan lain-2. akan tetapi terkadang orang luput dari perhatian bahwa sekarang ini dengan semakin banyaknya pusat keramaian dan hampir 75% orang hidup diluar rumah selalu membutuhkan apa yang dinamakan Toilet. Kebutuhan Toilet atau orang jawa bilang “WC” sudah menjadi bagian hidup yang tidak terpisahkan. Bisnis Toilet Umum inilah yang saya sebut sebagai Prospek Bisnis di tahun 2009. meskipun toileh identik dengan bau yang tidak sedap, akan tetapi bisnisnya berbau wangi, alias cepat mendatangkan rupiah.

Untuk memulai bisnis ini, kita dapat memulainya dengan mendatangi dinas-dinas terkait seperti Dinas pasar, dinas pariwisata, dinas perhubungan atau dinas Pekerjaan umum untuk diajak kerjasama dalam pengelolaan toilet umum. Pusat-pusat keramaian dan pelayanan masyarakat seperti Terminal, pasar, stasiun, tempat wisata dll adalah lokasi dimana toilet umum biasanya berada.

Keberhasilan toilet umum terletak pada fasilitas toilet yang bersih, sehat dan nyaman. Untuk itu manajemen pengelolaan toilet umum perlu diperhatikan khususnya dalam memberikan tersedianya toilet umum yang dibutuhkan tadi. Tidak jarang kita temui toilet umum yang jorok, bau tidak sedap, air tidak mangalir dll.
Tidak usah khawatir akan bangkrut karena investasi tidak kembali, saya dapat menjamin bahwa bisnis pengelolaan Toilet Umum ini sangat prospek dan mengutungkan selama kita bisa memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan kepada para pengguna toilet.
Dari sisi konsumen dapat dipastikan 30% orang yang berpergian selalu memanfaatkan fasilitas toilet, selama tersedia fasilitas toilet yang memadai, pasti orang akan tidak menunda hasrat ingin kebelakan.

Coba kita hitung, jika dalam sehari terdapat 500 pengunjung dengan rata-2 membayar 1000 Rupiah, berarti kita sudah mendapatkan pemasukan sebesar 500.000 rupiah. Setelah dipotong bagi hasil 30% dan cadangan biaya operasional harian maka kita dapat mengantongi bersih sebesar 200.000 rupiah. Dikalikan 30 hari jadi pendapatan bersih 6 jutaan perbulan. Itu itung-itungan kotor lho ya…..?
Tentunya kalau emang benar-benar mau bisnis betulan ya harus diitung dulu, atau buat Studi Kelayakan gilah lah….. dihitung trafic pengunjung, diitung investasi yang dibutuhkan, diitung biaya operasional, diitung sistem bagi hasilnya….. trus diitung juga biaya-2 untuk mendapatkan lahannya… he..he..he… tapi jangan kolusi dengan pejabat, itu namanya korupsi. Nego dengan cara yang profesional dan bersih….. biar usahanya BAROKAH… Amin.. dan selamat mencoba.

2 komentar:

sticker mengatakan...

mulberry purse
mulberry purses
discount mulberry
chloe bag
chloe paddington

antordo mengatakan...

Sepertinnya menjanjikan pak, boleh dicoba tu. btw gambar toiletnya serem, ada lidahnya heee...

GRATIS PENYIMPANAN FILE DI INTERNET