Minggu, November 23, 2008

TUGAS ANALISIS & DESAIN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Tugas Untuk Mahasiswa Mata Kuliah Analisis  &  Desain Sistem Informasi Akuntansi.

Tugas saudara adalah mendesain flow Chart  SOP Pembelian sesuai dengan narasi Sistem dan Parosedur penjualan sebagai berikut :

Sistem dan Prosedur  Pembelian

Prosedur pembelian diawali dari bagian gudang :

1.      Kepala Bagian gudang membuat laporan persediaan barang  dan mencocokkannya dengan  daftar stock minimum.  Atas dasar laporan tersebut kepala gudang membuat daftar permintaan pembelian yang disampaikan kepada Manager  Toko.

2.      Manajer Toko melakukan pengecekan atas daftar permintaan pembelian yang diajukan oleh Kepala Gudang, Pengecekan meliputi tingkat perputaran barang dan harga pokok barang serta beberapa hal lain yang  terkait dengan pengadaan barang.

3.      Manajer toko akan memberikan otorisasi atas  jenis dan jumlah persediaan  yang  harus dibeli. Lembar otorisasi diberikan kepada bagian pembelian / admin toko untuk dibuatkan PO rangkap 3. Dan diberikan kepada beberapa distributor / agen sebagai dasar penawaran harga.

4.      Keputusan pembelian harus didasarkan atas harga penawaran yang lebih rendah, ketersediaan pasokan, ketapatan waktu pengiriman dan syarat pembayaran.  Untuk jenis barang yang dipasok dari agen tunggal, maka penetapan harga harus diperbandingkan dengan harga barang sejenis di pasaran.   

5.      ManagerToko harus dapat memantau harga pasar secara periodik, pemantauan tersebut dibutuhkan  sebagai dasar penetapan  strategi harga jual dan sebagai dasar untuk negosiasi harga  dengan suplier.

6.      Form permintaan pembelian bernomor urut cetak dan harus diotorisasi oleh Manager Toko.

 

Tidak ada komentar:

GRATIS PENYIMPANAN FILE DI INTERNET