Tugas Untuk Mahasiswa Mata Kuliah Analisis & Desain Sistem Informasi Akuntansi.
Sistem dan Prosedur Pembelian
1. Kepala Bagian gudang membuat laporan persediaan barang dan mencocokkannya dengan daftar stock minimum. Atas dasar laporan tersebut kepala gudang membuat daftar permintaan pembelian yang disampaikan kepada Manager Toko.
2. Manajer Toko melakukan pengecekan atas daftar permintaan pembelian yang diajukan oleh Kepala Gudang, Pengecekan meliputi tingkat perputaran barang dan harga pokok barang serta beberapa hal lain yang terkait dengan pengadaan barang.
3. Manajer toko akan memberikan otorisasi atas jenis dan jumlah persediaan yang harus dibeli. Lembar otorisasi diberikan kepada bagian pembelian / admin toko untuk dibuatkan PO rangkap 3. Dan diberikan kepada beberapa distributor / agen sebagai dasar penawaran harga.
4. Keputusan pembelian harus didasarkan atas harga penawaran yang lebih rendah, ketersediaan pasokan, ketapatan waktu pengiriman dan syarat pembayaran. Untuk jenis barang yang dipasok dari agen tunggal, maka penetapan harga harus diperbandingkan dengan harga barang sejenis di pasaran.
5. ManagerToko harus dapat memantau harga pasar secara periodik, pemantauan tersebut dibutuhkan sebagai dasar penetapan strategi harga jual dan sebagai dasar untuk negosiasi harga dengan suplier.
6. Form permintaan pembelian bernomor urut cetak dan harus diotorisasi oleh Manager Toko.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar