Senin, Maret 31, 2008

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

PENGANTAR SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA)
Ringkasan Materi Kuliah

Informasi Keuangan sangat dibutuhkan oleh berbagai pihak khususnya untuk manajemen sebagai dasar pengambilan keputusan Bisnis.
Selain pihak manajemen informasi keuangan sangat dibutuhkan oleh pihak-pihak luar peusahaan seperti : Calon Investor; Kreditur; Kantor pajak; dan masyarakat umum.

Untuk dapat menyajikan informasi keuangan yang baik (informative, akurat dan cepat) maka diperlukan system yang mampu mengolah data akuntansi menjadi sebuah laporan keuangan.

Sistem
Sistem adalah suatu kerangka dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan yang disusun sesuai dengan suatu skema yang menyeluruh dan sistematis.
Prosedur
Adalah suatu urutan-urutan pekerjaan kerani (clerical), yang melibatkan beberapa bagian dan orang dalam suatu organisasi. Disusun untuk menjamin keseragaman aktivitas operasional perusahaan.

Sistem Informasi Akuntansi
Adalah suatu kegiatan mengelompokkan, menggolongkan, mencatat dan memproses kegiatan bisnis perusahaan kedalam sebuah pelaporan keuangan sebagai suatu informasi bagi manajemen dan pihak lainnya.

Data
Data adalah suatu masukan / input dapat berupa signal, gelombang, tulisan, gambar yang nantinya akan diolah menjadi sebuah informasi.

Informasi
Adalah data yang telah diolah dan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.
Informasi yang berkualitas adalah sebuah informasi yang disajikan secara relevan, akurat, tepat waku


ELEMEN-ELEMEN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
1. Sistem Akuntansi Pokok
- Klasifikasi Rekening (Neraca – Laba Rugi)
- Buku Besar
- Jurnal
- Bukti Transaksi

2. Sistem Penjualan dan Penerimaan Uang
- Sales Oder, Delivery Order, Billing
- Distribusi penjualan
- Piutang dan pengendalian Piutang
- Penagihan Piutang
- Penerimaan uang

3. Sistem Pembelian & Pengeluaran Uang
- Purchase Order, Laporan Penerimaan Barang
- Penyimpanan Barang
- Hutang
- Pengeluaan Uang

4. Sistem Produkasi dan Biaya Produkasi
- Order Produksi
- Pengendalian Persediaan
- Akuntansi Biaya

5. Sistem Pencatatan Waktu dan Penggajian
- Personalia
- Pencatatan waktu kerja
- Penggajian
- Distribusi gaji dan Upah

INTERNAL CONTROL SYSTEM
Pengendalian Internal merupakan suatu upaya melalui suatu alat-alat dan perangkat yang dikoordinasikan dalam perusahaan untuk menjaga keamanan harta kekayaan perusahaan, memeriksa ketelitian dan kebenaran penyajian data akuntansi, meningkatkan efisiensi dan efektivitas serta menjamin ditaatinya kebijakan manajemen.

Pengendalian Intenal terletak pada keseluruhan proses dan kegiatan perusahaan yang melekat pada sistem dan prosedur operasional perusahan (SOP).

UNSUR-UNSUR SPI
1. Lingkungan pengendalian
Meliputi filosofi & gaya operasi manajemen, Kebijakan Manajemen, struktur organisasi yang mendukung pengendalian, adanya komite audit internal

2. Sistem Akuntansi
Meliputi sistem dan prosedur baku akuntansi, sistem colecting data, pengklasifikasian transaksi dalam rekening akuntansi, proses input data, proses data transaksi dan sistem pelaporan.

3. Lingkungan pengendalian
Meliputi tersedianya fasilitas penunjang untuk menciptakan pengendalian dalam kegiatan operasional perusahaan seperti tersedianya alat pemroses data (komputer), networking, alat penyimpanan harta yang memadai, karyawan yang memiliki kompetensi yang cukup. Lingkungan pengendalian juga meliputi adanya sistem evaluasi kerja melalui sistem pelaporan yang baik dan terstruktur dan terjadwal.

Tidak ada komentar:

GRATIS PENYIMPANAN FILE DI INTERNET